Get the Better Future with Us

SMK Pondok Indah

Jl. Ciputat Raya No. 11 Pondok Pinang
Kebayoran Lama Jakarta Selatan 12310
INDONESIA
Phone :
+62 21 70623158
Fax :
+62 21 75901337
smk.pondokindah611@gmail.com

SMK PONDOK INDAH   MELUNCURKAN

INTERNET HOTSPOT AREA

GRATIS TIS TIS .... BAGI WARGA.... SMK PONDOK INDAH  SAJA

PERLU? HUBUNGI KAMI DI KANTOR SMK PONDOK INDAH

Masa Orientasi Siswa 2010

19/07/2010 11:43

 

Ada yang lain dari penyelenggaraan masa orientasi siswa (MOS) di SMK Pondok Indah. Seperti ; peserta tidak mengenakan pakaian seragam sekolah sebelumnya, tidak menerapkan aturan kaus kaki berbeda pada kedua kaki, tanpa ikat rambut yang aneh-aneh, dan asesoris yang kurang mendidik seperti mengenakan kalung dari petai atau jengkol. Inilah yang berbeda MOS di SMK Pondok Indah dengan sekolah lainnya. Dan di sini tidak ada perpeloncoan. 

Masa Orientasi Siswa sudah menjadi program di lingkungan Dikmenti Provinsi DKI Jakarta dengan tujuan memberikan pengenalan kepada siswa-siswi baru lebih jauh tentang lingkup sekolah di tingkat SMK khususnya SMIP Pondok Indah.

Berdasarkan petunjuk teknis pelaksanaan MOS, maka panitia telah membuat serangkaian acara yang tentunya tidak keluar dari jalur pendidikan di mana prinsip MOS adalah Partisipasif, Edukatif, Anti Kekerasan, Tidak Diskriminatif, Kebersamaan yang menggembirakan, dan harus diikuti oleh seluruh siswa baru.

 

             Masa Orientasi Siswa (MOS) adalah masa pengenalan bagi siswa baru di SMA/SMK untuk mengenal sekolah dan lingkungannya sebagai permulaan belajarnya di sekolah yang bersangkutan.

Kegiatan MOS bertujuan untuk :     

  1. Mengenalkan sekolah kepada siswa baru untuk lebih memahami visi dan misi sekolahnya.
  2. Mendorong siswa agar mampu beradaptasi dengan lingkungan yang baru sehingga diharapkan mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik.
  3. Memberikan pemahaman tentang kehidupan sekolah dalam rangka pelaksanaan Wawasan Widya Mandala untuk mewujudkan lingkungan yang kondusif.
  4. Mendorong siswa untuk memiliki kepercayaan diri, kemampuan mengemukakan pendapat, dan mengaktualisasikan diri.
  5. Menumbuhkan motivasi dan semangat belajar yang kompetitif agar dapat meraih cita-cita sesuai bakat, minat, dan kemampuan.
  6. Memiliki kebanggaan sebagai warga sekolah, menjaga nama baik dan almamater sekolah.

Diantara materi yang diberikan kepada para peserta MOS adalah Pengenalan lingkungan sekolah, Pengenalan kurikulum, Tata karma dan budi pekerti, Pembinaan iman dan takwa, Tata tertib sekolah, Kesadaran berbangsa dan bernegara, Akhlak dan budi pekerti, dan Wawasan Wiyata Mandala.

Acara ini berlangsung mulai 19 hingga 21 Juli 2010 diikuti oleh 57 siswa baru SMK Pondok Indah. Acara dibuka oleh Ibu Santi Putri Agustina dengan penyematan tanda peserta dan pelepasan sejumlah balon ke udara.